Suplement Official Website (Blog) Gubernur dan Wakil Gubernur (WaGub) DKI Jakarta 2012 – Joko Widodo (Jokowi) – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atau JB "Jakarta Baru!"

Jaringan Suara Indonesia (JSI) mengeluarkan hasil bahwa dukungan terhadap pasangan Jokowi-Basuki mengalami penurunan. Pasangan ini dianggap belum dapat meyakinkan warga Jakarta untuk memilih mereka pada Pilkada 11 Juli 2012 nanti.

“Tren dukungan kepada Jokowi-Ahok mulai menurun. Di sisi lain, dukungan terhadap Foke-Nara naik,” pada jumpa pers Survei JSI: Prediksi Pemilukada DKI Jakarta, Direktur Eksekutif JSI, Widdi Aswindi, di Senayan, Jakarta Selatan, Jumat, 6 Juli 2012.

Dukungan terhadap Jokowi mulai melemah sejak Juni lalu. Dukungan Calon Gubernur DKI 2012 usungan PDIP dan Partai Gerindra itu sempat menguat dari 2,6% pada Februari menjadi 17,2% pada Mei.

“Namun kemudian turun dalam survei terakhir menjadi 15,8%,” kata Widi.


Menurut penulis dan beberapa sumber, keyakinan oleh lembaga survei ini sungguh diharapkan oleh Jokowi-Basuki. Taktik “membeli survei” dan “memasang iklan dengan biaya mahal” tidak sesuai dengan “prinsip merakyat” yang dipraktekkan dari hati oleh pasangan Jokowi Basuki.

Ingat mereka bukan memakai taktik, karena taktik diperlukan dalam masa perang (lihat taktik Foke-Nara berikut ini), namun Jokowi-Basuki bukan menganggap Pemilu Kada DKI 2012 ini sebagai cara untuk merubah Indonesia, bukan hanya merubah Jakarta. Berbeda sekali dengan kandidat-kandidat lain yang sudah jelas dari latar belakang politis dan aktivis.

Justru dengan adanya survei-survei yang menghasilkan suara menurun dan membuat Jokowi-Basuki sebagai kandidat yang tidak diperhitungkan inilah tersembunyi kemenangan pasangan ini sebagai Gubernur DKI Jakarta 2012. Seperti yang Jokowi sering sampaikan dalam pernyataannya, “Saya bagaikan semut melawan gajah”.

Dari situlah bermula strategi luar biasa, karena dukungan mereka di kalangan atas dan menengah sudah aman. Generasi muda dan pro perubahan sudah pasti mendukung Jokowi-Basuki yang juga muda dan berpengalaman melakukan perubahan.

Sementara kandidat lain menggunakan taktik curang dalam kampanye dan memenangkan pemilu ini, Jokowi-Basuki yang telah mengamankan suara dari kalangan atas dan menengah bergerak ke kalangan bawah menggalang dukungan secara terselubung dan di bawah radar.

Go Jokowi-Basuki untuk Perubahan Jakarta!

Go Jokowi-Basuki untuk Perubahan Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: